Minggu, 05 Juni 2016

Inilah Penyebab Mimisan Serta Cara Penangananya

Hidung berdarah (epistaksis) alias mimisan merupakan satu kondisi pendarahan dari hidung yang keluar melewati celah hidung. pendarahan terjadi sebab lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Tak jarang kali mimisan terjadi tiba-tiba serta tanpa diketahui penyebabnya.

 Inilah Penyebab Mimisan Serta Cara Penangananya
Mimisan
Penyebab Mimisan

Naiknya Tekanan Darah
Seseorang yang memiliki penyakit darah tinggi serta mengalami mimisan, bisa dikarenakan oleh naiknya tekanan darah orang itu. Alias Bunda hamil yang rentan mengalami naiknya tekanan darah juga bisa mengalami mimisan. Sebaikny bila penderita darah tinggi serta bunda hamil mengalami mimisan, segeralah periksakan diri ke dokter supaya tak berdampak fatal.

Trauma
Mimisan juga bisa dikarenakan oleh trauma  semacam bersin, benturan ringan, kebiasaan mengorek hidung, jatuh, ataupun sebab kecelakaan lalu lintas.

Flu
Saat flu sebaiknya kamu tak membuang ingus terlalu tak jarang serta terlalu kuat, sebab ini bisa menyebabkan hidung terluka serta mimisan.

Alergi
Mimisan juga dikarenakan oleh alergi. Dalam permasalahan ini, pembuluh kapiler terbuka serta menyemprotkan darah dari dalam tubuh yang mengalir lewat hidung.

Sinus
Mimisan juga bisa dialami oleh penderita sinus dalam kondisi tertentu.  Serta apabila saat penderita sinus mengalami mimisan, lalu darah yang keluar berwarna gelap serta beraroma tak sedap, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Sebab, ini menandakan adanya infeksi alias tumor.


Cuaca Panas
Saat cuaca panas serta kelembaban bertidak lebih maka kondisi ini bisa menyebabkan iritasi lalu terjadilah mimisan.

Tumor
Mimisan juga bisa terjadi apabila seseorang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini biasa ditemukan pada anak usia muda. Tumor ini terkesan semacam benjolan sebesar bii nangka berwarna merah keputihan di hidungnya.

Polusi
Polusi bisa mengiritasi selaput lendir pada hidung. Dampaknya, keluarlah darah dari hidung(mimisan).  Tempat yang penuh polusi semacam tempat yang tak sedikit asap rokok serta asap kendaraan bermotor sebisa mungkin wajib dihindari.

Demam Berdarah
Pada kondisi demam berdarah mimisan tak jarangkali diikuti perdarahan juga pada organ lain jadi mimisan sebab demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan sebab sebab lain.
Bahaya alias tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan sebab demam berdarah sangat berbahaya sebab itu pertanda stadium berat.


Cara Menanggulangi Mimisan
  • Bersikaplah tenang saat mengalami mimisan serta jangan cemas
  • Duduklah serta tak dianjurkan untuk tidur telentang sebab bisa menyebabkan ajaran darah ke dalam hidung bertambah tak sedikit
  • Bernafaslah dengan mulut sambil membungkukkan badan sedikit ke depan
  • Tekanlah cuping hidung selagi berbagai menit supaya supaya darah menjadi menggumpal
  • Kompres hidung dengan air es selagi berbagai menit 
  • Apabila darah tetap semakin keluar dari hidung, segeralah bawa diri kamu ke dokter alias rumah sakit terdekat


Pertolongan dengan Daun Sirih
Ambil 1 lembar daun sirih yang tetap muda, cuci bersih daun sirih tersebut, remas serta gulung daun sirih sampai berbentuk semacam corong lalu sumbatkan ke celah hidung. Diamkan berbagai saat serta biarkan posisi wajah kamu menengadah ke atas. Daun sirih bakal menolong mengecilkan pembuluh darah untuk menghentikan pendarahan.

Bila kamu mengalami mimisan, jangan panik serta tetaplah tenang. Cobalah meperbuat pertolongan pertama alias pertolongan dengan bantuan daun sirih. Bila pendarahan tetap saja terjadi, bawalah diri kamu ke dokter alias rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut serta supaya diketahui penyebab mimisan yang kamu alami.




EmoticonEmoticon

Ads Inside Post